Social Icons

Selasa, 14 Mei 2013

Obat penyakit asam urat alami

Obat penyakit asam urat 

buah sirsak sebagai obat asam urat
Meskipun dapat dikendalikan dengan obat, sebenarnya penderita asam urat wajib melakukan diet ketat terhadap makanan pencetus purin.Dalam buku Terapi Herba, buah, sayuran 10 penyakit utama, terbitan Flona serial, disebutkan beberapa makanan dan minuman sebagai obat tradisional yang disarankan untuk penderita asam urat sebagai obat herbal.

1.  Sirsak


Buah sirsak kaya mineral dan vitamin larut dalam air yang berkhasiat untuk mengobati asam urat serta memperlambat proses penuaan.Selain kandungan serat dan anti oksidan, sirsak juga memiliki senyawa aktif alkaloid isqui-nolin yang berfungsi sebagai analgetik kuat.
Sifat anti-oksidan dapat mengurangi terbentuknya asam urat melalui penghambatan produksi enzimxantin oksidase. Sedangkan kombinasi sifat analgetik (mengurangi rasa sakit) dan anti-inflamasi (anti-radang) mampu mengobati asam urat.

2. Air putih


Penderita asam urat sangat dianjurkan mengkonsumsi banyak cairan seperti air putih atau jus buah karena dapat membantu pengeluaran asam urat melalui urine.Disarankan untuk mengkonsumsi air putih mencapai 10 gelas sehari (2,5 liter)

3. Buah berair

Buah yang mengandung air juga sangat penting,seperti semangka,melon,belewah,belimbing dan jambu air.Buah yang di dalam saluran cerna diubah menjadi alkohol sebaiknya dibatasi, misalnya durian dan nanas.

4. Vitamin C

Vitamin C ternyata tak hanya bagus untuk memperbaiki kodisi tubuh usai operasi atau saat lemah, melainkan juga baik bagi mereka yang menderita penyakit asam urat atau gout.

5. Legundi

Bunga dan daun legundi adalah salah satu herbal yang sangat efektif mengendalikan rasa sakit dan inflamasi karena artritis dan sciatica.Pohon legundi adalah semak merayap dengan tajuk tidak beraturan,aromatik dan tinggi 1-4 m.Pohon ini dapat dijumpai sebagai tanaman liar di daerah hutan jati, hutan sekunder, ditepi jalan dan pematang sawah dan berbunga pada bulan Januari-Desember.

6. Habbatussauda (jintan hitam)

Habbatussauda atau jintan hitam telah digunakan lebih dari 2000 tahun oleh orang Yunani dan Timur Tengah untuk berbagai pengobatan.Efeknya yang sangat cocok untuk meredakan peradangan akibat asam urat.Selain itu, jintan hitam juga berkhasiat meredakan asma, flu dan alergi, mengurangi tekanan darah tinggi, mencegah batu empedu, mencegah kanker dan banyak lainnya.

7. Salai Gugul

Tanaman ini banyak tumbuh di India dan Asia Selatan.Resin yang diambil dari pohon tanaman ini dimurnikan dan digunakan untuk mengatasi rasa sakit dan peradangan asam urat.Asam boswelik yang terdapat di dalamnya dikenal juga dapat mengurangi kolesterol dan melindungi hati terhadap bakteri endotoksin.Bagian non asam dari ekstrak pohon salai gugul dapat menurunkan tekanan darah dan bersifat menenangkan.

8. Jahe Merah

Jahe Merah adalah herbal anti peradangan .Selain itu jahe merah meningkatkan nafsu makan dan memperlancar sisten pencernaan dan pernafasan.Jahe merah membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah.

9. Brotowali

Brotowali dinilai sebagai salah satu herbal utama peningkat sistem imun tubuh (immuno-modulator).Karena sifatnya tersebut, brotowali juga bermanfaat mengatasi diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi dan menyehatkan organ-organ vital tubuh.

10. Teh Hijau

Teh Hijau mengandung banyak polifenol yang bekerja sebagai antioksidan pencegah serangan asam urat.Selain itu teh hijau juga mengandung vitamin C dan Vitamin E yang bermanfaat bagi penderita asam urat.Riset oleh universitas Michigan menunjukkan bahwa teh hijau mengandung senyawa yang disebut epigallocatechin-3-gallate (GCG) yang mencegah produksi molekul penyebab inflamasi dan kerusakan sendi pada pasien asam urat.

11. Meniran (Phyllanthus niruri)

Saat ini terkenal sebagai tanaman obat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.Meniran juga dikenal dapat membersihkan hati, sebagai anti radang, pereda demam, peluruh kencing, peluruh dahak, peluruh haid, menjernihkan penglihatan serta menambah nafsu makan.Seperti halnya kumis kucing, sifat diuretiknya-lah yang digunakan untuk mengobati asam urat.Karena akarnya-entah kenapa-disenangi kucing, maka tanaman anting-anting (acalypha indica) sering juga disebut kucing-kucingan atau akar kucing.Orang sunda mengenalnya sebagai rumput kokosan.Rasanya pahit, sejuk dan bersifat astringen.Herba ini berkhasiat sebagai anti radang, antibiotik, peluruh kencing, pencahar dan penghentian pendarahan.Umumnya orang menggunakan bagian akarnya untuk menangani penyakit asam urat.

12. Teripang

Di pulau Langkawi, Malaysia, teripang tersohor sebagai obat nyeri sendi akibat asam urat.Ahli nutrisi Walter Kee Mun Yee alumnus Wincostin University mengatakan teripang mengandung kondroitin sulfat dan glukosamin.Kondritin sulfat berperan memulihkan penyakit sendi.Sedangkan glukosaminoglikan merupakan zat anti thrombogenik pelancar pendaran darah yang menggumpal.Pada penderita asam urat jumlah glukosamin dan kondritin sedikit.Teripang uga memperkokoh tulang dan sendi.Kandungan kondrotin sulfat mencegah pengeroposan sendi pembuat radang/Senyawa itu memperbaiki dan membangun kembali tulang rawan, pembentuk sendi yang terkikis akibat kecelakaan, benturan dan kelebihan bobot badan tanpa afek samping.Itu sebabnya pemerintah Australia dan selandia baru mengizinkan penggunaan teripang sebagai penyembuh radang sendi dibanding obat-obatan kimia.

13. Sarang Semut

Sarang Semut berasal dari belantara hutan Papua dan merupakan salah satu herbal yang paling sering digunakan dalam dunia pengobatan herbal saat ini.Sarang semut sudah terbukti memiliki berbagai khasiat untuk penyembuhan berbagai macam penyakit dan beruntung salah satunya untuk mengobati asam urat.
Kandungan dalam herbal ini juga cocok bagi anda yang ingin melakukan diet asam urat secara bertahap, karena ekstrak sarang semut dinilai mampu menghambat perkembangan enzim yang menjadi penyebab asam urat.
Sarang semut sebagai obat asam urat alami juga memiliki kandungan yang serupa dengan allopurinol yang saat ini menjadi bahan kimia untuk obat asam urat.Sayangnya, obat ini memiliki efek negatif , dengan mengingkatnya jumlah kreatin yang bisa merusak ginjal.
Berbeda dengan allopurinol, pemanfaatan sarang semut malah memiliki khasiat dalam meindungi ginjal.agar tetap berfungsi secara maksimal, sehingga asam urat dalam tubuh yang jumlahnya berlebih dapat dikeluarkan melalui urin.
Pada umumnya, penderita asam urat mengalami nyeri pada beberapa persendian.Nyeri ini muncul ketika peredaran dalam dalam tubuh manusia tidak lancar.Untuk itu sarang semut berpengaruh besar dalam mengurangi rasa nyeri pada sendi karena multi mineral yang ada dalam sarang semut mampu melancarkan peredaran darah.Melihat hasil tersebut, tidak bisa dipungkiri jika sarang semut berkontribusi besar sebagai obat asam urat.

14. Semangka

Jus semangka adalah sebuah fenomena yang menjadi daya tarik banyak orang.Segelas jus semangka (tanpa biji) pagi dan malam akan membantu mendorong keluar kelebihan akumulasi asam urat.

15. Tomat

Kerap digunakan untuk campuran masakan seperti semur, sambal tomat agar rasanya sedap.Kadang dimakan begitu saja sebagai lalab atau camilan.Senyawa yang mencolok adalah kandungan betakarioten, terutama likopen yang oleh tubuh diubah menjadi vitamin A.Bersama vitamin C dan E yang terkandung membuat tomat memiliki sifat antioksidan.Penelitian menunjukkan likopen akan lebih optimal diserap setelah diolah, entah menjadi sup atau saus tomat, jadi tambahkan tomat pada masakan bila perlu.Tomat dapat membantu mencegah asam urat.

16. Jambu biji

Jambu biji (averhoa guajava linn) yang termasuk dalam keluarga Myrtaceae mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi dari pada buah lainnya.Jambu biji mempunyai beberapa jenis, seperti jambu bangkok, jambu apel, jambu merah, jambu sukun dan jambu sari.Karena kandungan vitamin C yang tinggi buah ini dapat digunakan sebagai antioksidan, kandungan serat yang cukup tinggi sangat baik untuk pencernaan serta kandungan pektinnya yang juga tinggi bermanfaat untuk mengikat kolesterol dan asam empedu dalam usus sekaligus membantu proses pengeluarannya.

17. Alpukat

Buah alpukat (persea americana mill) termasuk dalam keluarga lauranceae, buah alpukat ini mempunyai daging buah yang bertekstur halus, tebal, empuk.Buah alpukat mengandung lemak hingga 30 kali lebih banyak dari pada buah yang lainnya dan mampu menghasilkan energi yang cukup tinggi, pada buah alpukat sendiri mengandung lemak tidak jenuh yang berguna membantu menurunkan serum kolesterol jenuh.sedangkan kandungan karbohidrat, gula dan seratnya termasuk rendah sehingga baik bagi yang mempunyai masalah dengan gangguan gula darah.Buah alpukat juga kaya akan kandungan mineral dan kalsium, vitamin yang terkandung dalam buah alpukat adalah vitamin E dan B.

18. Belimbing Manis

Buah belimbing (Averhoa carambola linn) termasuk dalam keluarga Oxalidaceae, buah belimbing mempunyai serat yang halus, rasa yang manis, segar dan dagingnya berair.Kandungan vitamin C pada buah belimbing banyak digunakan sebagai antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit serta menurunkan darah tinggi.Buah belimbing juga mengandung pektin yang berfungsi menurunkan kolesterol dan asam empedu dalam tubuh.

19. Jeruk Keprok

Buah jeruk keprok (citrus nobilis lour) yang mempunyai rongga diantara kulit dan daging buahnya ini merupakan salah satu sumber vitamin C dan flavonoid yang sangat baik untuk sistem pertahanan tubuh dan mendukung jaringan konektif, jeruk keprok juga bermanfaat untuk mencegah proses penuaan yang cepat, kandungan air dalam jeruk keprok juga berguna unutk menghilangkan lemak yang terdapat pada organ tubuh, kandungan pektin dalam buah ini juga bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol.Tidak hanya daging buah pada buah jeruk keprok ini yang bermanfaat karena bijinya juga berkasiat mengurangi pembengkakan dan membantu menghilangkan rasa nyeri.

20. Jeruk Lemon

Jeruk lemon (Citrus medica Var) atau biasa disebut jeruk sitrun mempunyai bentuk bulat lonjong berwarna kekuningan, kebanyakan orang mengkonsumsi jeruk lemon sebagai jus atau digunakan sebagai aroma, kandungan asam lebih banyak pada jeruk lemon yang masih hijau daripada yang telah masak dan berwarna kuning, kandungan vitamin C dan kalsiumnya lebih tinggi daripada jeruk sitrun yang berwarna kuning yang berfungsi sebagai antioksidan.Kandungan limomene juga bisa digunakan untuk menghilangkan batu empedu dan sebagai agen antikanker, bagian yang paling banyak mengandung anti kanker terdapat pada bagian spon yang berwarna putih dari daging buah jeruk lemon.

21. Jeruk nipis

Jeruk nipis (citrus aurantinum) mempunyai bentuk bulat dan berwarna hijau ketika masih muda dan berwana kuning setelah masak,kebanyakan orang mengkonsumsi jeruk nipis sebagai campuran minuman, kandungan vitamin C dan kalsiumnya termasuk tinggi, jeruk nipis bersifat sebagai peluruh lemak, diuretic, antipiretik serta mampu membantu menghilangkan pegal linu.

22. Melon

Buah melon yang termasuk keluarga Cucurbitaceae ini mempunyai kandungan zat antikoagulan atau zat anti pengendapan yang disebut adenosin, fungsi dari zat ini dapat menghentikan penggumpalan darah.Kandungan karotenoid pada buah melon cukup tinggi, melon juga dapat mencegah kanker paru

23. Pisang

Zat berkhasiat yang terkandung dalam pisang, antara lain ion potasium dan B6 yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit persendian dan nyeri otot

Demikian sekilas tentang buah-buahan yang dapat dijadikan sebagai obat asam urat yang merupakan obat tradisional juga dikenal sebagai obat herbal .Anda dapat memilih buah apa yang selama ini sudah menjadi favorit anda, sehingga bagi anda yang sedang atau sudah terkena asam urat dapat melakukan pencegahan dan penyembuhan dengan metode terapi buah ini.Adapun buah ini dapat dibuat sebagai jus sehingga rasanya akan lebih enak.


Semoga bermanfaat.

Sumber Tulisan : Obat Asam Urat

0 komentar:

Poskan Komentar